Jumat, 27 Mei 2011

- Jelang Final Liga Champions
Barca vs United, Duel di Lini Tengah Bakal Jadi Kunci

London - Siapa bakal keluar sebagai pemenang di laga antara Barcelona vs Manchester United? Dari analisis, yang menang adalah yang bisa mendominasi lini tengah.

Dari statistik yang dilansir oleh situs resmi UEFA, Barca dan United adalah dua klub dengan persentase penguasaan bola paling besar dibanding peserta Liga Champions lainnya. Barca adalah yang paling banyak dengan rata-rata ball possession 62%, sementara United ada di posisi dua dengan 58%.

Barca sendiri lebih berbahaya dalam urusan shots on target, di mana mereka memiliki jumlah 86 tembakan tepat ke arah gawang. Sementara, United hanya 68. Catatan ini juga berbanding lurus dengan jumlah gol keduanya, Barca sudah menghasilkan 27 gol, sedangkan United hanya 18.

Toh demikian, keduanya dinilai memiliki amunisi di lini depan yang sama bagusnya. Barca punya trio Lionel Messi, David Villa dan Pedro Rodriguez. United punya duet Wayne Rooney dan Javier 'Chicharito' Hernandez. Kedua klub sama-sama memiliki kecepatan dan kelincahan--plus untuk United, Rooney tak hanya punya visi, tapi juga determinasi.

"Rooney dan Chicharito punya kualitas yang hebat," ujar Javier Mascherano di ESPN Star, seraya menambahkan bahwa klubnya juga akan berjuang dengan determinasi tinggi.

Kendati menang secara statistik penguasaan bola, Pep Guardiola sudah berhati-hati pada karakter lini tengah United. Ia menyebut, 'Setan Merah' punya banyak pemain dengan karakter berbeda, seperti Nani, Antonio Valencia hingga Park Ji-Sung.

Sebaliknya, Barca punya Xavi Hernandez dan Andres Iniesta sebagai poros. United bahkan dikabarkan sampai diprediksi bakal bermain dengan lima gelandang--entah Rooney ditarik lebih ke belakang, atau menambah gelandang alternatif. Sejauh ini, Sir Alex Ferguson mengatakan bahwa Darren Fletcher sangat dipertimbangkan untuk dimainkan.

"Idenya adalah mengepung pemain mereka dengan tiga orang dan kemudian menekan tinggi-tinggi. Mereka suka memainkan bola dan jika Anda bisa merebut bola di lapangan mereka maka Anda punya peluang bagus," papar gelandang Arsenal, Jack Wilshere, seperti menyetujui opsi menambah gelandang untuk meredam Barca.

"Pemenangnya adalah yang bisa menguasai lapangan tengah," simpul pelatih AC Milan, Massimiliano Allegri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar